Search This Blog

Wednesday, October 13, 2010

Google Maps Indonesia Muncul

Google meluncurkan Google Maps Indonesia, sebuah platform pencarian lokal yang membantu pengguna menemukan informasi geografis seperti peta online, citra satelit, panduan arah berkendara, alamat dan daftar perusahaan, melalui PC dan telepon seluler.
 
 SIAP ?? OK MELUNCUR KE GOOGLE MAPS INDONESIA
cara menggunakan Google Maps Indonesia tinggal ketik aja tempat yang mau dicari..

Pengguna layanan Google Maps Indonesia yang berada di kota-kota kecil harap bersabar untuk dapat mengakses layanan ini. Pasalnya, untuk saat ini Google Maps Indonesia belum menayangkan pantauan peta di seluruh bumi Indonesia. 

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2010/10/07/0837025620X310.JPG
Head of Product Management Google South East Asia Andrew McGlinchey mengatakan Google Maps Indonesia saat ini memang belum memberikan layanan untuk seluruh penjuru tanah air, terutama hingga memantau kondisi jalan. Mereka baru memfokuskan peta untuk kota-kota besar seperti Jakarta dan Denpasar.

"Kami memprioritaskan kota yang mempunyai banyak jumlah penduduk seperti Jakarta," ujar McGlinchey.

Menurutnya 95 persen penduduk kota yang padat berada di Jawa dan Bali sehingga layanan data baru akan banyak diberikan untuk kota-kota ini. McGlinchey juga mengatakan fokusnya saat ini belum akan memberikan layanan pantauan jalan-jalan perkotaan seperti di negara-negara luar karena Indonesia masih mempunyai persoalan transportasi.

Head of Product Management Google Southeast Asia Andrew McGlinchey di Jakarta Rabu (6/10/2010) kemarin mengungkapkan bahwa Google Maps Indonesia resmi diluncurkan dan siap digunakan untuk memudahkan kehidupan sehari-hari.

"Pengguna dapat dengan mudah mencari dan menemukan informasi suatu tempat yang diinginkan, kapan pun, dan di mana pun," ujar Andrew. Pengguna bisa mengaksesnya di alamat maps.google.co.id. Platform ini diharapkan menjadi peta online yang paling kaya konten dan paling relevan di Tanah Air.

Sementara itu, Head of Marketing Google Southeast Asia Derek Callow juga mengatakan bahwa Google Maps Indonesia memungkinkan pengguna, perusahaan, dan pengembang lokal untuk memberi sumbangan informasi mengenai Indonesia. Google menggandeng pelaku bisnis yang berniat mempromosikan serta membagi informasi tentang usaha mereka melalui platform ini. Sejumlah perusahaan yang telah menjadi mitra bisnis Google Maps Indonesia, antara lain urbanesia.com, Telkomsel, dan LewatMana.com

"Selain lokasi, Google Maps Indonesia juga mampu menyajikan informasi tentang tempat yang dituju. Sebuah restoran sushi di Jakarta, misalnya, si pengguna tidak hanya dapat mengetahui lokasi, tetapi juga mendapatkan informasi tentang restoran sushi tersebut," tutur Derek.

Meski sudah menyediakan berbagai layananya dalam versi bahasa Indonesia, Google Maps merupakan produk kedua Google yang resmi diluncurkan di Indonesia. Sebelumnya, Google juga meluncurkan secara resmi browser Chrome. Namun, sampai saat ini Google belum membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Dengan penggunaan internet yang tumbuh pesat, dia optimistis layanan tersebut akan sukses. Selain masyarakat Indonesia, McGlinchey juga melihat para turis dan warga asing yang berbisnis di Indonesia berpeluang untuk mengakses layanan tersebut. "Tetapi utamanya untuk warga Indonesia," ujarnya.

Untuk mendapatkan data-data lokal tentang tempat dan kondisi jalan, mereka menggandeng Urbanesia dan lewatmana.com. McClinshey mengatakan kerjasama yang ada ini belum pada kerjasama bisnis tetapi baru sharing data informasi tempat yang banyak direkomendasi dengan Urbanesia. Sedangkan kerjasama dengan Lewatmana.com lebih disebabkan pengelola situs ini menggunakan aplikasi API dari Google.

McGlinchey mengatakan kerjasama ini akan menguntungkan pengguna dan masing-masing perusahaan, terutama jika trafik sudah mulai naik yang artinya memberikan keuntungan. Selain itu, menurut dia, nama perusahaan juga akan terdongkrak.

Founder Urbanesia.com Selina Limman dan Managing Director sekaligus CEO PT Onehub Solution pemilik situs lewatmana.com Hendry Soelistyo membenarkan hal ini. "Belum ada kontrak bisnis yang ditandatangani, baru kerjasama biasa dulu karena kami menggunakan aplikasi Google," ujarnya. 
sumber : http://networkedblogs.com/8OVvl

No comments:

Post a Comment